Pameran UKM di Balai Kartini

UKM jAKARTA

  1. Balai Kartini untuk Pameran UKM

Di Jakarta, Balai Kartini menjadi lokasi untuk menggelar berbagai pameran dan sebagai pusat bagi konvensi. Terletak di bagian selatan Jakarta, Balai Kartini yang berdiri dengan luas 45. 673, 71 sqm serta dilengkapi aula bergaya teater bundar, ruang VIP, lounge lobi utama luas, 6 ruang pameran mampu menampung ratusan pengunjung.

Bahkan, Balai Kartini juga dilengkapi raungan-ruangan yang bisa dikonfigurasi dan dapat disesuaikan dengan persyaratan untuk kegiatan tertentu. Selain itu, Balai Kartini juga difasilitasi ruang pameran atau Kartini Expo seluas 3.584 meter persegi sehingga sangat memadai untuk menampung ribuan orang pengunjung pameran.

Tak heran, jika saat ini Balai Kartini menjadi lokasi yang sering digunakan untuk menggelar berbagai kegiatan, termasuk pameran usaha kecil dan menengah atau UKM. Hingga saat ini, Balai Kartini menjadi lokasi yang tepat untuk menyelenggarakan kegiatan, baik bertema hiburan, job fair, simposium, seminar, acara resepsi pernikahan, hingga kegiatan pameran.

  1. Pameran untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

Pameran merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk memperkenalkan produk, memasarkan produk, dan meningkatkan angka penjualan bagi para pelaku usaha. Bagi para pelaku usaha, pameran sangat efektif untuk mempromosikan produk hingga membangun mitra kerjasama.

Umumnya, pameran diisi oleh para pengusaha-pengusaha besar yang ingin memperkenalkan produk terbarunya. Namun, pameran juga diperuntukan bagi pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM.

Usaha Kecil Menengah atau UKM merupakan jenis usaha yang masih berskala kecil. Wikipedia menyebutkan, menurut Keputusan RI no. 99 tahun 1998, usaha kecil diartikan sebagai kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.

Istilah bisnis UKM ditujukan bagi pelaku usaha warga negara Indonesia yang membangun usahanya sendiri atau bukan anak atau cabang dari suatu perusahaan. Artinya, berdiri secara mandiri, tidak dikuasai dan tidak dimiliki maupun berkaitan secara langsung atau tidak dengan usaha skala menengah maupun sudah besar.

Umumnya, bisnis UKM dikelola oleh perorangan atau badan usaha yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum, seperti koperasi. Bagi ekonomi di Indonesia, UKM layaknya tulang punggung, sehingga kehadirannya sangat diperhitungkan dan dilindungi serta dibina oleh pemerintah.

Sayangnya, UKM sering mengalami kendala dalam proses pemasaran atau promosi produk lokal yang dihasilkannya. Hal ini dikarenakan, kebanyakan konsumen masih cenderung menggunakan produk-produk dengan merk terkenal, bahkan lebih memilih produk luar negeri.

Sebab itu, dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat untuk memasarkan produk UKM. Salah satu upaya yang sering digunakan untuk memasarkan produk UKM adalah melalui pameran. Terlebih lagi, pameran dinilai efektif memasarkan produk dan menjaring konsumen, hingga menjalin kemitraan dengan pengusaha lainnya.

Selain itu, pameran UKM biasanya mendapat dukungan dan difasilitasi oleh berbagai pihak. Fasilitas dan dukungan untuk penyelenggaraan pameran UKM berasal dari lembaga keuangan seperti perbankan, perusahaan berskala besar dengan adanya program Corporate Social Responsibility hingga pemerintah atau dinas yang terkait. Sehingga, tak heran jika pameran sangat dinantikan oleh pelaku usaha di sektor UKM.

  1. Manfaat Pameran Bagi UKM

Pameran UKM membuka kesempatan untuk memperkenalkan produk lokal, memasarkan, menjaring konsumen sebanyak-banyaknya, dan mengembangkan UKM dengan menjalin kerjasama bersama pelaku usaha lainnya.

Selain itu, ada beberapa manfaat lainnya yang didapatkan jika pengusaha UKM mengikuti pameran, antara lain sebagai berikut:

  • Pengenalan Usaha dan Produk UKM

Seperti yang disebutkan wikipedia, pelaku UKM merupakan pengusaha pemula yang masih berada di skala kecil sehingga harus diperkenalkan ke masyarakat luas. Pameran UKM menjadi salah satu sarana yang tepat untuk mengenalkan dan produk UKM serta mempromosikannya.

Tak hanya produk, profil usaha yang berjalan di sektor UKM juga perlu diketahui oleh masyarakat sebagai pengunjung dalam pameran. Dengan mengenalkan profil usaha, citra baik akan terbentuk dengan sendirinya dan menimbulkan ketertarikan hingga minat beli masyarakat untuk membeli produk UKM.

  • Survei Pasar

Selama pameran berlangsung, pengusaha UKM dapat melakukan survei pasar terkait peluang untuk produk diterima oleh konsumen. Survei pasar dapat dilakukan dengan melihat banyaknya kunjungan masyarakat dalam pameran UKM. Semakin banyak pengunjung di stan pameran, semakin besar kesempatan untuk meningkatkan pemasaran produk UKM.

Selain itu, melalui survei pasar, pengusaha UKM dapat melakukan evaluasi terhadap produknya, terkait kualitas maupun harga yang ditawarkan untuk produk UKM kepada masyarakat.

  • Petakan Pesaing

Selain melakukan survei pasar, pengusaha UKM dapat memetakan dan mengetahui strategi yang digunakan pesaing selama pameran berlangsung. Sehingga, pengusaha UKM dapat membandingkannya dengan strategi pemasaran yang digunakan sebelumnya untuk dikembangkan dan digunakan pada strategi pemasaran berikutnya.

  • Temukan Investor

Selain menemukan konsumen baru, pameran UKM juga memberi kesempatan untuk mendapatkan investor. Sebab, pameran tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat yang hanya ingin menjadi konsumen atau pembeli, namun tak jarang juga dikunjungi oleh investor yang mencari mitra untuk bekerjasama.

Untuk itu, pengusaha UKM harus mampu memperkenalkan produknya dan membangun citra usaha yang baik untuk menarik minat investor. Dengan begitu, investor akan datang dan bersedia menanamkan modal atau bahkan bekerjasama untuk mengembangkan UKM ke usaha yang berskala besar.

  • Perkuat Jaringan UKM

Pameran UKM tentunya dipenuhi oleh pengusaha-pengusaha atau di sektor UKM pula. Melalui pameran UKM, para pelaku usaha dapat memperkuat jaringan bisnisnya dengan membentuk komunitas UKM.

Dengan membangun komunitas UKM, para pengusaha yang berada di sektor yang sama tersebut dapat bertukar ide dan gagasan terkait produk maupun strategi pemasaran yang digunakan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mendorong perkembangan bisnis sektor UKM.

  1. Event Organizer atau Penyelenggara Pameran UKM

Biasanya, pameran UKM diselenggarakan oleh dinas terkait untuk meningkatkan penjualan produk lokal. Namun, tidak jarang pameran UKM diselenggarakan oleh event organizer.

Event organizer biasanya menggelar pameran secara rutin. Sehingga, pameran dapat ditemukan sepanjang tahun di berbagai lokasi di Jakarta, seperti di Balai Kartini. Akan tetapi, tidak semua event organizer dapat menyelenggarakan pameran dengan sukses dan memberikan keuntungan kepada semua pihak yang terlibat, baik pelaku usaha, konsumen maupun penyelenggaraannya, yakni event organizer itu sendiri.

Sebab itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih event organizer, terutama untuk pameran UKM. Adapun yang harus diperhatikan saat memilih event organizer untuk pameran UKM, antara lain adalah sebagai berikut:

  • Kualitas Event Organizer

Bagi pengusaha UKM, pameran UKM sangat penting untuk mendongkrak angka penjualannya yang cenderung belum dikenal masyarakat secara luas. Agar tujuan itu tercapai, sebaiknya gunakan event organizer berkualitas yang selalu sukses menyelenggarakan pameran UKM.

Untuk mengetahui kualitas dari event organizer, Anda dapat memeriksa dari track record. Event organizer berkualitas akan memiliki track record yang selalu sukses menyelenggarakan pameran UKM. Salah satunya dapat dilihat dari jumlah kunjungan pameran UKM yang digelar sebelumnya.

Biasanya, Event organizer dengan kualitas baik selalu menggunakan strategi yang tepat sehingga mampu mendatangkan pengunjung dalam jumlah banyak. Tentunya, event organizer berkualitas sudah berpengalaman mengatasi masalah dan kendala saat pameran UKM dilaksanakan.

  • Fasilitas

Pastikan Anda mendapatkan fasilitas yang dibutuhkan dan memadai dari event organizer pameran UKM yang Anda pilih.

  • Stand Bazar

Setelah memastikan fasilitas, pastikan event organizer memberikan stand yang mudah diakses pengunjung selama pameran UKM berlangsung. Sebaiknya, pilihlah stand yang bisa dilihat dan didatangi dengan mudah oleh pengunjung saat saat pameran UKM.

Salah satu event organizer pameran UKM yang dapat Anda pilih untuk mempromosikan produk UKM adalah bazarjakarta.com. bazarjakarta.com, merupakan event organizer penyelenggara pameran termasuk untuk UKM yang berada di naungan PT. Kreatif Jakarta Indotama (Indocreativeexpo).

Hingga kini, bazarjakarta.com telah menggelar berbagai kegiatan, termasuk pameran UKM di hampir setiap lokasi di Jakarta, salah satunya Balai Kartini. Selain itu, tema pameran UKM yang ditawarkan bazzarjakarta.com selalu menarik minat pengunjung.

Untuk informasi lebih lanjut terkait lokasi maupun jadwal pameran UKM yang diselenggarakan bazzarjakarta.com, Anda dapat mengunjungi media sosial Instagram @bazzarjakartadotcom.